Apa yang dimaksud dengan pointer ?


1.       Apa yang dimaksud dengan pointer ?
2.       Apa yang dimaksud dengan Variabel Pointer !
3.       Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis operator pointer !
4.       Buatlah contoh program sederhana menggunak pointer !


Jawab :
1. Pointer adalah variable yang berisi alamat memory sebagai nilainya dan berbeda dengan variable biasa yang berisi nilai tertentu. Dengan kata lain, pointer berisi alamat dari variable yang mempunyai nilai tertentu.

2. Variabel pointer berarti variabel yang berisi alamat memori suatu nilai. Sebagai contoh sebuah variabel bertipe integer memiliki nilai 4, maka yang dimaksud pointer adalah alamat memori dimana nilai 4 disimpan, bukan nilai 4 nya sendiri.

3. – Operator & yaitu operator alamat. Pada saat pendeklarasian variable, user tidak diharuskan menentukan lokasi sesungguhnya pada memory, hal ini akan dilakukan secara otomatis oleh kompiler dan operating sysem pada saat run-time. Jika ingin mengetahui   dimana   suatu   variable   akan   disimpan,   dapat   dilakukan   dengan memberikan tanda ampersand (&) didepan variable , yang berarti "address of".
- Operator * yaitu operator reference. Dengan menggunakan pointer,kita dapat mengakses nilai yang tersimpan secara langsung dengan memberikan awalan operator asterisk (*) pada identifier pointer, yang berarti "value pointed by".
4.   .
include

using namespace std;

int main(){

                int a,*b;
                a=40;
                b=&a;
               cout<<"Nama : aw"<
                cout<<"Pointer b Menunjukkan : " <
                cout<<"Menunjukkan Nilai : " <<*b<

                return 0;

}

closeKawan Jangan Lupa Amal dan Ibadah