Guys jangan sering begadang ya !! Ini efek Negatif Sering Begadang


Pola hidup yang tidak teratur seringkali beresiko terhadap kesehatan. Begadang adalah salah satu kegiatan yang dapat menimbulkan efek negatif itu. Ada beberapa alasan orang untuk tetap melek sampai larut malam atau bahkan sampai pagi. Biasanya karena pekerjaan yang harus diselesaikan, menonton film, berkumpul bersama teman-teman atrau bahkan sekedar untuk main game. Sebaiknya, Anda tidak begadang untuk hal-hal yang tidak penting karena begadang dapat menimbulkan efek negatif.

Akibat sering begadang, seseorang bisasaja terserang suatu penyakit, dari penyakit yang ringan sampai penyakit berat. Bahkan begadang juga dapat berdampak pada kematian jika dilakukan terus menerus. Begadang yang disertai minum minuman energi juga tidak baik, pasalnya tubuh dipakasa untuk terus menerus aktif pada masa istirahat.

Jika Anda masih menyukai begadang untuk alasan yang tidak jelas, maka bersama Alami Ilmiah Anda akan mengetahui beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan karena begadang.


Penyakit ringan:

1. Lemas/kurang semangat
Karena terlalu sering begadang dan kurang istirahat, maka energi tubuh akan terkuras. Akibatnya Anda akan merasa lemas dan kurang semangat di siang harinya.

2. Masuk angina
Akibat dari begadang juga dapat menyebabkan masuk angin. Tubuh yang seharusnya istirahat tapi masih dipaksa untuk tetap aktif, ditambah lagi biasanya saat begadang orang akan mengonsumsi cemilan yang tidak sehat dan minum kopi. Inilah yang dapat membuat perut kembung dan masuk angin.

3. Insomnia
Karena seringnya Anda melek di malam hari dan harus masih beraktivitas di siang harinya, maka akibatnya tubuh akan terbiasa dengan keadaan ini. Ketika Anda mencoba untuk tidur pada jadwal tidur yang sebenarnya, Anda akan mengalami susah tidur. Inilah yang menyebabkan begadang dapat menimbulkan insomnia jangka panjang.

4. Pikun
Begadang dapat sebabkan pikun di usia muda. Ketika tidur otak akan mengingat informasi yang terjadi dalam sehari. Karena saat tidur otak bekerja menggabungkan memori eksplisit dan implisit didalamnya. Jika terlalu sering begadang, maka fungsi otak yang satu ini akan terganggu dan menyebabkan kepikunan.

5. Kurang konsentrasi
Begadang dapat menurunkan tingkat konsentrasi. Siklus tidur pada malam hari berperan menguatkan memori dalam pikiran. Jika Anda sering begadang maka Anda akan lebih susah untuk mengingat kejadian yang dialami.

Penyakit berat:

1. Diabetes
Penelitian telah menunjukkan bahwa pekerja yang tidur terlalu sedikit pada waktu yang salah mungkin berisiko menderita diabetes tipe 2 dan obesitas.Sementara penelitian lain mengatakan serangan jantung lebih sering terjadi pada pekerja malam.

2. Depresi
Rutinitas begadang tiap malam tak dapat dianggap hal biasa. Orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam per hari selama 7 hari dapat menyebabkan stress, marah, sedih, dan kelelahan mental. Serta dapat menimbulkan gejala depresi.

3. Penyakit jantung
Studi mendapati kurang tidur menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

4. Stroke
Tuntutan pekerjaan dan keluarga nyaris tidak berhenti dari sebelum fajar hingga tengah malam. Kalau Anda tidak mahir mengatur waktu tidur, akibatnya bisa memicu penyakit jantung dan stroke.

Jika sudah mengetahui efek negatif begadang seperti di atas, masih mau begadang untuk hal yang tidak penting??? Anda juga dapat membaca Makanan yang Bisa Membuat Tidur Nyenyak agar tidur semakin berkualitas. Atau untuk Anda yang diharuskan bekerja pada malam hari baca juga Tips Begadang Sehat.






From Alami Ilmiah On 2 March 2014 In Tips Sehat

closeKawan Jangan Lupa Amal dan Ibadah