Pengantar Aplikasi Komputer

Pengantar Aplikasi Komputer adalah sebuah ilmu pengetahuan untuk memperkenalkan fitur-fitur atau alat-alat yang umumnya ada pada sebuah komputer. Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data sesuai dengan pesanan yang dibuat. Istilah “komputer” pada awalnya digunakan untuk mendeskripsikan pekerjaan seseorang, orang tersebut harus melakukan operasi aritmatika dengan atau tanpa alat bantu, namun arti kata tersebut kemudian dialihkan ke mesin itu sendiri. Hardware adalah suatu komponen pada komputer yang secara fisik dapat dilihat dan disentuh. Satu atau lebih perangkat lunak mengacu pada data yang terdapat di komputer, data tersebut diformat dan kemudian disimpan secara digital. Perangkat lunak pengolah kata (bahasa Inggris: pengolah kata) adalah aplikasi komputer yang digunakan untuk menghasilkan (termasuk menyiapkan, mengedit, memformat, dan terkadang mencetak) berbagai materi yang dapat dicetak. Contoh software pengolah kata adalah Microsoft Word dan OpenOffice.org Writer


Pengaplikasian Komputer
Jenis-jenis Komputer
• Super Computer
• Mainframe Computer
• Mini Computer
• Micro Computer, Personal Computer
– Desktop casing

– Minitower, mid-tower, tower casing
• Workstation: station (computer tempat) bekerja
• Notebook Computer
• Personal Digital Assistant (PDA)/palmtop computer
• Cellular Phone
• Tablet PC
• Cluster Computer: beberapa computer (biasanya PC)

Tipe Aplikasi yang Dikembangkan
• Tipe aplikasi computer yang dikembangkan terdiri dari industrial automation, business software,     educational software,medical software,databases and computer games
• Dunia bisnis merupakan pengguna aplikasi computer terbesar. Namun kenyataanya sekarang ini     hampir semua bidang kehidupan memanfaatkan aplikasi computer untuk mempercepat dan         mempermudah pekerjaan

Macam - macam Program Komputer
1. Program Aplikasi Grafis
Program aplikasi ini banyak dimanfaatkan oleh para user yang biasanya bergerak dibidang desain grafis, terutama untuk menggambar dan pengolahan gambar atau foto. Contoh software ini antara lain,
- Macromedia FreeHand
- Adobe Ilustrator
- Photo Editor
- Adobe Photoshop
- Corel Draw
- dll

2. Program Aplikasi Pengolah Kata
Software pengolah kata ini banyak digunakan oleh para pengguna komputer baik disekolah, dikantor, bahkan dirumah. Contoh program aplikasi ini antara lain:
- Microsoft Word
- Lotus wordpro
- Amipro wordstar
- word perfect
- notepad
- wordpad
- Open Office.org
- dll

3. Program Aplikasi Pengolah Angka
Software pengolah Angka merupakan software aplikasi yang paling sering digunakan juga oleh para user, terutama untuk pengolahan data berbentuk angka yang memrlukan berbagai macam perhitungan, pembuatan tabel, grafik, dsb. Contoh program aplikasi adalah:
- Microsoft Excel
- Lotus 123
- Quattro pro
- Lotus Symphony
- dll

4. Program aplikasi pengolah data/database
 Program aplikasi ini digunakan untuk mengorganisir dan memproses sekumpulan data. Data-data tersebut diorganisasikan dalam bentuk struktur data seperti Field, record, characcter, dan file. Contoh program aplikasi ini adalah:
- DBase
- Microsoft Acces
- FoxPro
- ASP
- SAS
- Stats Graphics
- dsb

5. Program Aplikasi Penerbitan
Program aplikasi penerbitan biasanya dimanfaatkan oleh para user yang bergerak dibidang penerbitan, seperti majalah, surat kabar, buku, dsb. Software ini mampu mengabungkan tulisan dan gambar dengan berbagai desain yang menarik. Software penerbitan digunakan secara bersamaan dengan software aplikasi grafis. Contoh program aplikasi ini antara lain:
- Microsoft Publisher
- Adobe PageMaker
- Adobe InDesign
- Ventura Publisher
- Quark Xpress
- dll

6. Program Aplikasi Multimedia
Software ini juga paling sering dimanfaatkan oleh para user komputer terutama untuk keperluan presentasi yang banyak memanfaatkan animasi, suara, maupun video. Untuk beberapa software dari jenis ini bisa langsung disambungkan dengan jaringan internet. Contoh software ini adalah:
- Windows Media Player
- Real Player
- Gom Player
- Microsoft Power Pint
- Lotus Freelance
- Hardvard Graphics
- dll

7. Program Aplikasi Internet
Aplikasi internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin pihak lain yang berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) dan sisi pengguna (client). Contoh program aplikasi antara lain:
- Mozilla Firefox
- Google Chrome
- Baidu Browser
- Internet Explorer
- dll


8. Program Aplikasi Toko
Aplikasi toko adalah program yang digunakan oleh para pemilik toko untuk mengontrol tokonya dimana dan kapan saja, untuk mengecek jumlah stok, mengecek pelanggan. mengetahui omzet, dan lain sebagainya, salah satu program toko yang cukup handal :
- LEMPOS
- Venapos
- LENERP
- LERESTO
- LeCafe
- LeGold
- dll
closeKawan Jangan Lupa Amal dan Ibadah