Pengertian Interaksi Manusia Dan Komputer

Interaksi merupakan komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain. Interaksi ini tidak akan berjalan dengan baik, apabila salah satu objek yang berinteraksi mengalami hambatan. Interaksi manusia dan komputer merupakan komunikasi dua arah antara pengguna (user) dengan sistem komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu. ACM SIGCHI [1992] mendefinisikan interaksi manusia dan komputer merupakan disiplin ilmu yang mempelajari desain, evaluasi, implementasi dari sistem komputer interaktif untuk dipakai oleh manusia beserta studi tentang faktor-faktor utama dalam lingkungan interaksinya.

Dari penjelasan diatas, interaksi manusia dan komputer tidak hanya pada tampilan interfacenya saja, tetapi juga memperhatikan aspek-aspek pamakai, implementasi sistem rancangannya dan fenomena lingkungannya. Misalnya, sistem tersebut mudah dioperasikan, dipelajari, dan lain-lain. Mengapa interaksi manusia dan komputer? Mekanisme interaksi antara user dengan paket word processing yang banyak digunakan, umumnya berbasis menu dan dikelompokkan untuk merefleksikan fungsi yang dilakukan submenu tersebut. Misalnya, pilihan ‘save’ dan ‘delete’ diklasifikasikan sebagai “operasi file” dan berada dalam satu kelompok yang sama. Jika user kurang teliti atau tidak sengaja terpilih ‘delete’ padahal yang dimaksud adalah ‘save’, maka akibatnya bisa ditebak. Apalagi ditambah dengan tidak adanya dialog/mekanisme konfirmasi pelaksanaan proses ‘delete’  atau buruknya desain mekanisme tersebut. Walaupun akibat dari kesalahan tersebut tidaklah fatal, namun hal ini dapat merugikan user. Mengapa kesalahan ini masih saja sering terjadi? Padahal komputer diperkenalkan sebagai ‘user friendly’ dan ‘easy to use’. Apakah desainer tidak memperhitungkan kondisi yang akan/dialami user? Atau karena desainer sudah sangat ahli menggunakan software, sehingga tidak memperhitungkan kemungkinan kesalahan yang akan terjadi? Komputer dan peralatan lainnya harus dirancang dengan pemahaman bahwa penggunanya memiliki tujuan atau tugas khusus dan ingin menggunakannya sesuai dengan karakteristik tugas yang akan diselesaikannya tersebut. Agar dapat terpenuhi, perancang sistem perlu mengetahui bagaimana berfikir dalam lingkup tugas user yang sesungguhnya dan menerjemahkannya ke dalam sistem.

Tujuan interaksi manusia-komputer adalah:

1. Menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable)
Sistem yang dibuat memiliki manfaat dan mudah dioperasikan baik user individu maupun berkelompok.

2. Fungsionalitas.
Fungsi-fungsi yang ada dalam sistem yg dibuat sesuai dengan perencanaan dan kebutuhan user.

3. Keamanan.
Semakin meningkatnya teknologi informasi, maka faktor keamanan ini sangat penting untuk ditambahkan dalam sistem yang akan dibuat. Desainer Sistem Tereksekusi Tugas-tugas User diterjemahkan

4. Efektifitas dan Efisiensi.
Efektif dan efisien sangat berpengaruh pada produktifitas kerja dari penggunanya. Sejarah interaksi manusia dan komputer dimulai pada tahun 50-an ketika komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial. Komputer yang diperkenalkan ini sangat sulit dipakai dan tidak praktis. Kemudian pada tahun 70-an mengalami perkembangan penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya). Kemajuan teknologi ini juga mempengaruhi rancangan sistem, sehingga muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi ManusiaMesin. Pada pertengahan tahun 80-an, para peneliti akademis mengenalkan istilah HumanComputer Interaction (HCI) atau interaksi manusia-komputer.

Evolusi Antarmuka bisa dijabarkan sebagai berikut :
 Tahun 50an – Antarmuka pada level hardware untuk teknik, contoh: switch panel.
 Tahun 60-70an – Antarmuka pada level pemrograman, contoh : COBOL, FORTRAN
 Tahun 70-90an – Antarmuka pada level instruksi
 Tahun 80an – Antarmuka pada level dialog interaksi, contoh : GUI, Multimedia.
 Tahun 90an – Antarmuka pada level lingkungan kerja, contoh: Sistem Network, Groupware.
 Tahun 00an – Antarmuka berkembang dengan luas, contoh : mobile device,
interactive screen

Apa kepentingan IMK?
1. Sudut pasaran
    Manusia menggunakan komputer setiap hari, manusia tiada masa untuk belajar:
  • Komputer (peralatan) seharusnya mudah digunakan
  • Sistem harus mempunyai desain yang baik
  • Latihan yang minimum
  • Meliputi pelbagai pengguna
  • Jika suatu produk sulit digunakan, maka pengguna akan beralih ke produk yang lain
2. Sudut kemanusiaan
    Manusia mempunyai kelemahan Kesilapan/ralat mengakibatkan :
  • Kehilangan waktu
  • Kehilangan uang
  • Kehilangan nyawa jika melibatkan sistem yang kritikal
  • Kehilangan semangat
3. Sudut sosial
    Komputer memberikan sumbangan yang besar dalam kehidupan manusia, tidak dapat diabaikan :
  • Pembelajaran anak-anak
  • Member nasihat ahli berdasarkan informasi/sejarah
  • Mengontrol lalu lintas dan lintasan udara
  • Mengontrol kilang kimia / nukler
  • Mengontrol misi angkasa luar
  • dan lain-lain
Ruang Lingkup Interaksi Manusia Dan Komputer
Interaksi manusia dan komputer memiliki 3 komponen yaitu manusia, komputer dan interaksi. Ketiga komponen tersebut saling mendukung dan berkaitan satu sama lain. Manusia merupakan pengguna (user) yang memakai komputer. User ini berbeda-beda dan memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya dalam menggunakan komputer. Komputer merupakan peralatan elektronik yang meliputi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Seperti yang kita ketahui bahwa prinsip kerja komputer terdiri dari input, proses dan output. Komputer ini akan
bekerja sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh pengguna. User memberi perintah pada komputer dan komputer mencetak/menuliskan tanggapan pada layar tampilan. Ketika kita sedang memberikan instruksi atau memasukkan data ke dalam komputer ini, secara tidak sadar kita telah berinteraksi dengan komputer tersebut. Biasanya interaksi manusia dan komputer ini terjadi melalui suatu tampilan interface (antarmuka), seperti ditunjukkan pada gambar berikut :


Jangan Lupa Subcribe, Klik Tombol Youtube

closeKawan Jangan Lupa Amal, Klik Iklannya