Nama - Nama Malaikat dan Tugasnya

Malaikat adalah makhluk yang di ciptakan allah dari cahaya yang sangat patuh pada ketentuan dan perintah Allah. Seperti yang sudah diketahui dalam agama Islam, sebagai muslim wajib meyakini rukun iman yang berjumlah enam. Adapun rukukn iman yang kedua yakni percaya kepada malaikat-malaikat Allah. Keimanan terhadap malaikat mesti Mama ajarkan kepada anak meskipun sosok malaikat tak bisa dilihat secara kasat mata. Dalam agama Islam, malaikat diciptakan dari cahaya dan semua muslim wajib beriman kepadanya. Malaikat juga merupakan mahluk ciptaan Allah SWT yang selalu taat terhadap perintah-Nya. Sebenarnya ada ribuan malaikat, namun hanya ada 10 saja nama mailakat dan tugasnya yang wajib diketahui.

Hal tersebut telah tertuang dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 177, yakni umat Muslim harus beriman kepada malaikat.

Percaya kepada malaikat termasuk rukun Iman kedua dalam agama Islam. Malaikat berasal dari kata bahasa Arab, malak, yang berarti kekuatan. Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah SWT selain manusia, setan, dan jin. Malikat merupakan ciptaan Allah SWT dari cahaya (nur) yang tidak memiliki keistimewaan rububiyah dan uluhiyah. Meski begitu, malaikat adalah satu-satunya mahluk yang paling yang taat kepada Allah SWT serta senantiasa menjauhi larangan-Nya. Allah SWT menciptakan banyak malaikat dengan berbagai tugas. Namun, dalam ajaran agama Islam terdapat 10 malaikat yang wajib diketahui dari banyak malaikat yang ada di dunia dan akhirat. Supaya lebih jelas, kamu perlu mengenal lebih dalam mengenai malaikat-malaikat Allah SWT. Berikut rangkuman 10 nama malaikat beserta tugasnya yang wajib diketahui, dilansir dari laman Dosenpendidikan, Senin (3/5/2021).

Nama Malaikat dan Tugasnya
  1. Malaikat Jibril yang menyampaikan wahyu Allah SWT kepada Nabi dan Rasul-Nya.
  2. Malaikat Mikail yang bertugas memberi rezeki pada manusia.
  3. Malaikat Israfil, memiliki tanggung jawab meniup terompet sangkakala di waktu hari kiamat.
  4. Malaikat Izrail yang bertanggung jawab mencabut nyawa.
  5. Malikat Munkar yang bertugas menanyakan dan melakukan pemeriksaan pada amal perbuatan manusia di alam kubur.
  6. Malaikat Nakir yang bertugas menanyakan dan melakukan pemeriksaan pada amal perbuatan manusia di alam kubur bersama malaikat Munkar.
  7. Malaikat Raqib yang memiliki tanggung jawab untuk mencatat segala amal baik manusia ketika hidup.
  8. Malaikat Atid yang memiliki tanggung jawab untuk mencatat segala perbuatan buruk (jahat) manusia ketika hidup.
  9. Malaikat Malik yang memiliki tugas untuk menjaga pintu neraka.
  10. Malaikat Ridwan yang berwenang untuk menjaga pintu surga.

Fungsi Iman kepada Malaikat
Iman kepada Malaikat adalah yakin dan membenarkan bahwa malaikat itu ada, diciptakan oleh Allah SWT dari cahaya (nur). Fungsi iman kepada malaikat Allah SWT sebagai berikut: 
  • Selalu melakukan perbuatan baik dan merasa najis serta anti melakukan perbuatan buruk karena dirinya selalu diawasi oleh malaikat. 
  • Berupaya masuk ke surga yang dijaga oleh malaikat Ridwan dengan bertakwa dan beriman kepada Allah SWT serta berlomba-lomba mendapatkan Lailatul Qodar. 
  • Meningkatkan keikhlasan, keimanan, dan kedisiplinan untuk mengikuti atau meniru sifat serta perbuatan malaikat. 
  • Selalu berpikir dan berhati-hati dalam melaksanakan setiap perbuatan karena tiap perbuatan yang baik maupun buruk akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak.

Jangan Lupa Subcribe, Klik Tombol Youtube

closeKawan Jangan Lupa Amal, Klik Iklannya