Bantu Subcribe, Karena Subcribe Gratis. Thanks

Keamanan Komputer

Sistem keamanan komputer merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mengamankan kinerja dan proses komputer. Penerapan computer security dalam kehidupan sehari-hari berguna sebagai penjaga sumber daya sistem agar tidak digunakan, modifikasi, interupsi, dan diganggu oleh orang yang tidak berwenang

Fasilitas komputer secara fisik dilindungi karena tiga alasan:

  1. Untuk mencegah pencurian atau kerusakan hardware
  2. Untuk mencegah pencurian atau kerusakan informasi
  3. Untuk mencegah gangguan layanan

Prosedur yang sangat ketat untuk akses ke ruang server diaplikasikan oleh sebagian besar organisasi, dan prosedur ini sering digunakan untuk mengukur level keamanan computer. Dengan adanya akses jarak jauh atau remote terminal, jaringan yang sudah banyak serta teknologi internet yang berkembang pesat maka perlindungan secara fisik sudah jarang atau tidak dapat lagi digunakan untuk mengukur level keamanan. Meskipun demikian, masih ada beberapa perusahaan yang masih melindungi fasilitas fisik server mereka dengan peralatan cangih tetapi kurang memperhatikan perlindungan terhadap data atau informasi itu sendiri yang disimpan dalam server. Walupun nilai data atau informasi tersebut beberapa kali lebih besar dari nilai hardware.

Oleh karena itu konsep atau definisi computer security atau keamanan computer saat ini manjadi lebih luas atau bisa juga didefinisikan sebagai berikut: keamanan komputer dirancang untuk melindungi komputer dan segala sesuatu yang berkaitan dengan itu, bangunannya, workstation dan printer, kabel, dan disk dan media penyimpanan lainnya. Yang paling penting, keamanan komputer melindungi informasi yang disimpan dalam sistem anda. Keamanan komputer tidak hanya dirancang untuk melindungi terhadap penyusup dari luar yang masuk ke sistem, tetapi juga bahaya yang timbul dari dalam seperti berbagi password dengan teman, gagal atau tidak dilakukan untuk backup data, menumpahkan kopi pada keyboard dan sebagainya.

Didalam information security sering juga dikenal CIA Triad atau segitiga confidentiality (kerahasiaan), integrity (integritas), dan availability (ketersediaan). Kerahasiaan, integritas dan ketersediaan, yang dikenal sebagai segitiga CIA ini adalah model yang dirancang untuk memandu kebijakan untuk keamanan informasi dalam sebuah organisasi. Model ini juga kadang-kadang disebut sebagai triad AIC (ketersediaan, integritas dan kerahasiaan) untuk menghindari kebingungan dengan Central Intelligence Agency. Unsur-unsur dari tiga serangkai tersebut dianggap tiga komponen yang paling penting dari system keamanan.

Bila bicara kerahasiaan sama dengan bicara privasi. Langkah-langkah yang dilakukan untuk menjamin kerahasiaan dirancang untuk mencegah informasi rahasia dan sensitif di ambil oleh orang yang tidak berhak. Oleh karena itu access harus dibatasi hanya untuk mereka yang berwenang saja yang dapat melihat data yang sensitive atau rahasia tersebut.

Sebuah sistem komputer yang aman harus menjaga agar informasi selalu tersedia untuk pengguna. Ketersediaan berarti bahwa perangkat keras dan perangkat lunak sistem komputer terus bekerja secara efisien dan bahwa sistem ini mampu pulih dengan cepat dan benar jika ada bencana.
Integritas melibatkan beberapa unsur yaitu: menjaga konsistensi, akurasi, dan kepercayaan dari data melalui seluruh siklus hidupnya. Data tidak boleh diubah pada saat ditransmisikan. Dalam hal ini harus diambil langkah langkah untuk memastikan bahwa data tidak dapat diubah oleh orang yang tidak berhak dan tidak kurang suatu apapun serta benar adanya.

Tanya Jawab :

  1. apa yang kalian ketahui ttg keamanan komputer? Keamanan komputer adalah tindakan pencegahan dari serangan pengguna komputer atau pengakses jaringan yang tidak bertanggung jawab”
Sejak kapan keamanan komputer dianggap penting dan apa manfaatnya? keamanan komputer dianggap penting, saat meningkatnya penggunaan komputer dan internet. Dan banyaknya software yang pada awalnya digunakan untuk melakukan audit sebuah system dengan cara mencari kelemahan dan celah yang mungkin disalahgunakan untuk melakukan scanning system orang lain. 

manfaatnya menjaga suatu sistem komputer dari pengaksesan seseorang yang tidak memiliki hak untuk mengakses sistem komputer tersebut.

Jangan Lupa Subcribe, Klik Tombol Youtube

closeKawan Jangan Lupa Amal dan Ibadah