Bantu Subcribe, Karena Subcribe Gratis. Thanks

Komputer

Definisi Komputer
Kata komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang artinya menghitung. Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi cara kerja komputer dapat digambarkan sebagai berikut :

1. Input device/peralatan input adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer.
2. Processor adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. 
    Processor terdiri dari 2 bagian yaitu:
  • Control Unit (CU) merupakan komponen yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer.
  • Arithmetic Logic Unit (ALU) merupakan bagian khusus yang mengolah data aritmatika dan data logika
3. Memori adalah media penyimpan data pada komputer. Memori terdiri dari 2 bagian yaitu :
  • Read Only Memori (ROM) merupakan memori yang hanya dapat dibaca saja dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Perintah ROM digunakan untuk membaca sistem operasi di disk. 
  • Random Access Memori (RAM) merupakan memori yang dapat diakses secara random yang berfungsi untuk menyimpan data untuk sementara waktu.
4. Output device/peralatan output adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran.

Komponen Komputer 
Komponen – komponen komputer terdiri dari 3 bagian yang tidak dapat dipisahkan yaitu :
1. Hardware (Perangkat Keras) 
Perangkat keras adalah peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware terdiri dari: peralatan input/output, storage device (perangkat penyimpanan), monitor, casing unit dan Central Processing Unit (CPU). 

2. Software (Perangkat Lunak) 
Perangkat lunak adalah program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan. Software terdiri dari : sistem operasi, program utility, program aplikasi, program paket dan bahasa pemrograman 

3. Brainware (User) 
User adalah pengguna yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti sistem analis, programmer, operator, dan lain-lain.

Peralatan Input
Peralatan input digunakan untuk memasukkan data dan program ke dalam komputer. Peralatan input dapat digolongkan menjadi alat input langsung dan alat input tidak langsung. Alat input langsung yaitu alat yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses, seperti: papan ketik (keyboard), pointing device (mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner, sensor (digitizing camera), voice recognizer (microphone). Alat input tidak langsung yaitu input yang dimasukkan melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses, seperti :keypunch melalui media punched card (kartu plong) dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (disket atau harddisk). 

Soal soal :
1. Jelaskan mengapa dalam perkembangan software pada saat ini membutuhkan semakin meningkatnya kebutuhan resource hardware?
2. Apakah pengaruhnya perkembangan software dan hardware kepada interface user? Berikan contoh!
3. Sebutkan perbedaan antara layar tampilan CRT dan LCD Screen?
4. Jelaskan tentang posisi yang baik dalam menggunakan komputer yang berkaitan dengan aspek kenyamanan?
5. Sebagai seorang programer, hal apa saja yang perlu anda perhatikan dalam membuat sebuah special purpose software?
6. Bagaimanah cara pemilihan peralatan output yang baik yang berkaitan dengan aspek interaksi manusia dan komputer?
7. Sekarang ini sudah dikenal pengenalan ucapan sebagai inputan untuk komputer, bagaimana konsep dari pengenalan ucapan ini?
8. Sebutkan teknik pemilihan peralatan input yang baik?
Jawab :

1. Karena pihak developer akan membuat inovasi dan akan perbaikan terus pada suatu software yang lebih baik dari pendahulunya seperti menambah fitur-fitur baru atau memperbaikinya. Dengan bertambahnya waktu maka software tersebut akan semakin banyak fitur-fitur didalamnya. Dan untuk memaksimalkan proses, sebuah software akan membutuhkan banyak proses dan program lainnya untuk menjalankan software tersebut. Aplikasi akan menampilkan banyak fitur yang tentunya akan menambahkan beban pada RAM.

2. Dengan semakin berkembangnya teknologi perkembang software dan hardware pun akan berkembang, dengan perkembangan ini otomatis akan berdampak pada interface user yang akan mempermudah pengguna. 
contoh : Pada Windows semakin berkembang interface user juga meningkat

3. Perbedaan antara layar tampilan CRT dan LCD dilihat dari segi Kelebihan dan kekurangan, adalah sebagai berikut:
a. Ukuran fisik
Ukuran fisik monitor CRT jauh lebih besar, karena memerlukan ruang untuk tabung CRT. Ukuran LCD lebih ramping sehingga sesuai untuk tempat yang terbatas atau untuk laptop.
b. Warna
Awalnya, warna monitor LCD hanya ratusan hingga ribuan jenis, sedang CRT sudah mencapai jutaan. Namun, LCD-LCD jenis baru telah dapat memproduksi warna yang tak terbatas sehingga tampilan lebih halus.
c. Resolusi
Umumnya monitor CRT dapat menampilkan berbagai variasi resolusi, sedangkan monitor LCD hanya memiliki satu resolusi native, yaitu resolusi di mana tampilan yang dihasilkan mempunyai gambar paling jelas. Keadaan ini merupakan resolusi LCD tertinggi yang dapat dijangkaunya.
d. Kecerahan
Pada CRT kecerahan gambar tidak menjadi masalah. Pada LCD, mengingat pancaran cahaya dilakukan dari belakang, LCD memiliki level kecerahan yang berbeda dengan CRT. Ukuran kecerahan LCD biasanya dinyatakan dalam satuan nits, yaitu berkisar antara 70-250 nits. Semakin tinggi nilai nits, maka semakin cerah tampilan gambarnya.
e. Sudut Penglihatan
Dibandingkan dengan CRT, monitor LCD memiliki sudut penglihatan yang lebih kecil, sehingga warna yang muncul bisa berubah jika  dilihat dari samping atau bahkan tidak terlihat sama sekali. Namun monitor LCD dewasa ini telah memiliki sudut pandang yang lebih luas lagi.
f. Pemakaian Daya dan Emisi Radiasi
LCD hanya memerlukan daya listrik yang kecil untuk pengoperasiannya dan tidak mengeluarkan emisi radiasi yang berbahaya jika dibandingkan dengan monitor CRT. Rata-rata monitor komputer memerlukan daya listrik 110 watt, sedangkan LCD memerlukan sekitar 30 hingga 40 watt.
g. Harga
Monitor LCD lebih mahal dibandingkan dengan jenis CRT.

4. Posisi yang baik :
  • Aturlah posisi tubuh ketika bekerja menggunakan komputer sehingga merasa aman
  • Aturlah posisi perangkat komputer dan ruangan sehingga merasa nyaman
  • Makan, minum dan beristirahatlah yang cukup. Jangan menahan-nahan membuang air kecil karena terlalu asyik bekerja menggunakan komputer
  • Sesekali gerakanlah badan untuk mengurangi ketegangan otot dan pikiran. Olah ragalah secara teratur
  • Sesekali alihkan pandangan ke luar ruangan untuk relaksasi mata.
5. Hal yang perlu diperhatikan 
   1. Konsisten pada semua form
   2. Berikan keterangan pada tabel / gridview kosong
   3. Buatlah splash screen untuk mengawali program berjalan
   4. Selalu berikan loading pada setiap load data
   5. Cobalah dengan tata letak menu yang tidak biasa
   6. Gelapkan / Blur-kan tampilan belakang jika ada form show
   7. Berikan tooltip pada bagian - bagian yang mungkin 
       membutuhkan keterangan lebih
   8. Jangan lupakan shortcut
   9. Berikan fitur find pada tabel yang memuat data banyak 
  10. Jangan abaikan fitur HELP

6. Pemilihan perangkat output seperti Monitor, Printer, atau mungkin speaker 
    aktif ada beberapa hal yang perlu di perhatikan antara lain :
   a. Kenyamanan pengguna dalam menggunakan perangkat tersebut.
   b. Spesifikasi karena kualitas yang dihasilkan dari perangkat tersebut.
   c. Dan yang terpenting, budget atau biaya yang harus dikeluarkan untuk 
      mendapatkan perangkat- perangkat tersebut.

7. Pengenalan ucapan dalam perkembangan teknologinya merupakan bagian dari pengenalan suara (proses identifikasi seseorang berdasarkan suaranya). Pengenalan suara sendiri terbagi menjadi dua, yaitu pengenalan pembicara (identifikasi suara berdasarkan orang yang berbicara) dan pengenalan ucapan (identifikasi suara berdasarkan kata yang diucapkan).

8. Teknik peralatan input yang baik yaitu :
  1. Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
  2. Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk

Jangan Lupa Subcribe, Klik Tombol Youtube

closeKawan Jangan Lupa Amal dan Ibadah