Cara Mematikan Auto Update Windows 10 atau 11 dengan Mudah dan Cepat

Cara Mematikan auto update Windows 10 dan 11 ini bakalan dicara banyak pengguna windows jika si pengguna tidak ingin windowsnya sering update. Bagi kamu yang ingin mematikan auto update windows bisa mengikut langkah-langkah dibawah ini dengan mudah.


Pembaruan otomatis biasaya akan membuat komputer atau laptop anda lebih cepat dan aman. Karena pembaruan windows memungkinkan kita untuk mendownload dan menginstall pembaruan yang ada dan disarankan untuk di install, tanpa harus mengunjungi situs web Pembaruan Windows. Selain itu, pengguna standar hanya dapat memeriksa pembaruan dan menginstalnya. Perlu diingat  bahwa windows bergantung pada layanan pembaruan windows yang diatur untuk memulai secara otomatis secara default.

Namun, tak sedikit yang menganggap bahwa fitur tersebut sedikit mengganggu. Masalah inilah yang kerap ditemukan oleh para pengguna Windows 10 maupun 11. Sistem operasi tersebut memang memiliki fitur pembaruan otomatis yang tidak terduga. Ini bisa membuat frustasi bagi pengguna Windows 10 maupun 11 karena mereka sering dipaksa untuk me-restart mesin mereka pada waktu yang tidak tepat dan biasanya menjadi berat karena spesifikasi komputer atau laptop tidak memumpuni.

Berikut cara mematikan windows auto update :

1. Mematikan lewat fitur Group Policy
  • Tekan tombol logo Windows + R pada keyboard, lalu ketik gpedit.msc dan klik OK.
  • Buka "Computer Configuration" > "Administrative Templates" > "Windows Component" > "Windows Update".
  • Klik dua kali pada "Configure Automatic Updates".
  • Dalam tampilan ini pilih opsi “Disable” di pojok kiri halaman, lalu tekan Apply dan OK untuk menonaktifkan fitur update otomatis Windows.
  • Setelah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, Windows 10 akan berhenti menginstal pembaruan secara otomatis di perangkatmu.


2. Mematikan lewat service.msc

Selain menggunakan keyword gpedit.msc, kamu juga mematikan update Windows melalui fitur Run dengan menggunakan keyword services.msc, berikut caranya.
  • Tekan tombol logo Windows + R secara bersamaan untuk mengaktifkan kotak Run, lalu ketik service.msc
  • Setelah itu kamu akan berada di halaman service. Gulir ke bawah sampai menemukan Windows Update dan tekan dua kali.
  • Pada Service Status : Klik Stop 
  • Di sebelah kalimat Startup type pilih opsi "Disabled", lalu tekan "Apply" dan "OK" untuk menyimpan pengaturan.
3. Lewat Pengaturan

Jika kamu ingin menjadi pemberitahuan update hingga beberapa hari kedepan, kamu bisa mengaturnya di Settings (pengaturan) komputer atau laptop Windows 10/11. Cara mematikan auto update windows 10/11 ini dapat menghentikan pembaruan sistem hingga 35 hari ke depan.

Untuk mematikan pembaruan otomatis sementara, gunakan langkah-langkah berikut:

  • Buka Settings dan pilih Update & Security
  • Tekan Windows Update, lalu tekan Advance options
  • Pada bagian Pause update pilih Select date untuk menentukan berapa lama mematikan update Windows 10
  • Setelah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, update Windows 10 akan sepenuhnya dinonaktifkan hingga hari yang ditentukan.

Sebelum cara mematikan auto update windows 10/11 ini dilanjutkan, ingatlah bahwa beberapa pembaruan otomatis bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan stabilitas pada sistem. Jadi jika kamu memilih untuk mematikannya, kemungkinan bisa memberi efek negatif untuk komputer atau laptop kamu.

Lebih jelas, bisa liat video disini https://www.youtube.com/watch?v=Lnbz1q067jk


Jangan Lupa Subcribe, Klik Tombol Youtube

closeKawan Jangan Lupa Amal, Klik Iklannya
close